Sabtu, 04 Januari 2014

Ajaran Catur Marga Yoga Berdimensi Sosial Politik



Sebelum mengulas tentang alasan mengapa ajaran Catur Marga Yoga dikatakan berdimensi politik, alangkah baiknya kita memahami tentang ajaran Catur Marga Yoga terlebih dahulu. Berikut penjelasan tentang ajaran Catur Marga Yoga :
1.      Pengertian ajaran Catur Marga Yoga
Catur Marga Yoga ialah empat jalan atau cara mengamalkan agama Hindu (Veda) dalam kehidupan dan dalam bermasyarakat. Oleh karena keadaan dan kemampuan lahir-batin umat Hindu tidak semua sama maka Veda mengajarkan Catur Marga (empat jalan) agar semua umat dapat beragama sesuai kemampuannya sehingga dapat mencapai bersatunya atman dengan paraatman.
2.        Bagian-bagian ajaran Catur Marga Yoga
a.       Bhakti Marga Yoga (sembahyang)
yaitu mengamalkan agama dengan melaksanakan bhakti/sembahyang, cinta kasih terhadap sesama ciptaan Tuhan, baik sesama manusia maupun dengan makhluk lain yang lebih rendah dari manusia yang disertai sarana bhakti. Jadi apabila orang telah bersembahyang dan hidup kasih sayang terhadap sesama makhluk itu berarti telah mengamalkan ajaran Veda melalui jalan bhakti.
b.      Karma Marga Yoga (berperilaku)
yaitu jalan atau usaha untuk mencapai Jagadhita dan Moksa dengan melakukan perbuatan baik (Subha Karma), serta melakukan kewajiban demi untuk mengabdi, berbuat amal kebajikan untuk kesejahteraan umat manusia dan sesama makhluk.
c.         Jnana Marga Yoga (ilmu pengetahuan)
yaitu jalan menuju Yang Maha Kuasa dengan menggunakan sarana belajar, yang nantinya dapat diaplikasikan bagi kesejahteraan umat manusia dan kelestarian alam ini.
d.      Raja Marga Yoga (meditasi)
yaitu pengendalian panca indria untuk mencapai tujuan terakhir dari samadhi sebagai salah satu jalan atau cara umat Hindu untuk mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa,
Setelah memahami tentang pengertian dan pembagian Catur Marga Yoga diatas mari kita ulas alasan mengapa ajaran catur marga yoga dikatakan berdimensi sosial politik. Alasan mengapa ajaran Catur Marga Yoga dikatakan berdimensi sosial politik dapat kita lihat dari pembagian Catur Marga Yoga tersebut. Keempat ajaran ini menjelaskan tentang jalan kebenaran yang dapat di tempuh oleh manusia untuk mencapai kebahagiaan yang abadi. Jika dilihat dari dimensi sosial politik, keempat jalan ini dapat digunakan oleh manusia yang terjun dalam dunia politik sebagai jalan untuk menjadi seorang politikus yang baik yang kesehariannya bergelut dalam dunia politik yang penuh dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang didalam memimpin dan mengambil keputusan.
a.       Bhakti Marga Yoga,
Seorang yang terjun dalam dunia politik tidak boleh lupa dengan adanya kekuatan Tuhan Yang Maha Esa, mereka dapat menggunakan jalan ini didalam mengambil keputusan-keputusan yang sulit. Segala sesuatu pasti akan dapat diselesaikan dengan bantuan Beliau.
b.      Karma Marga Yoga,
Berpolitik dengan jalan berbuat baik tidak menyimpang dari tugas dan kewajibannnya, sangat wajib dilakukan oleh setiap orang yang terjun dalam dunia politik karena tugas-tugas yang diembannya akan dapat terselesaikan dengan baik.
c.       Jnana Marga Yoga,
Seseorang yang tgerjun kedunia politik tanpa di bekali dengan ilmu pengetahuan tidak akan bisa mengambil keputusan-keputusan danpertimbangan-pertimbangan politik yang baik. Dengan jalan ilmu pengetahuan, mereka akan mampu menjadi seorang politikus yang baik karena mampu mengambil keputusan yang tepat.
d.      Raja Marga Yoga,
Dengan berbagai macam tugas yang harus diemban dalam politik seorang politikus memerlukan ketenangan, untuk itu jalan Raja Marga Yoga menjadi pilihan yang sangat tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar